Calya Halangi Pajero Berstrobo di Lajur Kanan Jalan Tol, Siapa yang Salah?

Cari Kabar – Baru-baru ini viral video mobil Pajero Sport dengan strobo membuntuti Calya yang sedang berjalan statis di lajur paling kanan jalan tol

Rupanya, masih banyak pengendara yang melakukan pelanggaran di jalan tol. Seperti memakai aksesori lampu tambahan hingga tidak paham dengan fungsi lajur paling kanan. 

Momen tersebut dibagikan oleh akun instagram @dashcamindonesia. Terlihat dalam klip video, mobil Pajero Sport warna hitam memakai pernak-pernik lampu strobo. Mobil itu berada di lajur paling kanan hendak mendahului Calya yang berada di depannya.

Meski sudah dipepet oleh pemobil Pajero Sport, pemobil Calya yang sedang melaju itu tetap berada di lajur mendahului. Akhirnya, pemobil Pajero Sport itu menyalip dari sebelah kiri, lalu masuk lagi ke lajur paling kanan.

Peristiwa ini menimbulkan perdebatan di kalangan warganet. Beberapa di antaranya menyebut kedua mobil itu sama-sama melakukan kesalahan.

“Lane hogger ketemu sama mobil lenong cocoklah sudah, kalo senggolan yang satu manggil bekingan yang satu live tiktok manggil netizen,” tulis akun @rangre***

“2 2nya salah. Pajero Sport sok bgt pk strobo, yet Calya yg didepan demen bgt nge lane hog,” timpal @vit**

Sementara Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kedua mobil tersebut sama-sama salah. 

Mobil Pajero Sport yang menggunakan lampu strobo melanggar jika bukan seorang petugas. Begitu juga dengan mobil Calya yang juga melanggar karena melaju di lajur kanan menjadi lane hogger. 

Namun ia menambahkan, pemobil Pajero Sport mungkin punya kepentingan darurat. Pengendara yang melihat pemobil lain ingin mendahului, sebaiknya memberikan ruang untuk mendahului.

Tindakan lane hogger ini bisa mengganggu kendaraan lain yang ingin mendahului. Sebab mobil bergerak dalam kecepatan statis, padahal lajur kanan hanya digunakan untuk mendahului.

Sebagai informasi, lajur kanan hanya digunakan untuk mendahului kendaraan lain. Namun setelah melewati mobil lain disarankan kembali ke lajur tengah atau kiri tol.

Sumber: detikoto