Kementerian PUPR Dukung Food Estate Keerom dengan Lahan Siap Tanam Jagung dan Saluran Irigasi

Cari Kabar – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan lahan siap tanam jagung dan saluran irigasi/drainase dalam mendukung infrastruktur Food Estate Keerom.

Menurut Direktur Irigasi dan Rawa Kementerian PUPR, Ismail Widadi, Kementerian PUPR mendukung program Food Estate dengan membuka lahan bekas kebun sawit seluas 500 hektare. Selain itu, pembersihan dan penyiapan irigasi juga telah dilakukan, termasuk pembangunan saluran primer sepanjang 70 meter, saluran sekunder sepanjang 5 kilometer, saluran tersier sepanjang 31 kilometer, dan saluran kuarter sepanjang 44 kilometer.

“Dalam membantu proses penanaman jagung, kerjasama dilakukan antara Pemerintah Kabupaten Keerom, Kementerian PUPR, dan Kementerian Pertanian. Kami juga telah menyiapkan 356 kilometer saluran sub kuarter dan 213 hektare lahan siap tanam jagung,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (7/7/2023).

Seperti yang diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan kunjungan ke Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, untuk meninjau lokasi pengembangan Food Estate di Kampung Wambes, Kecamatan Mannem, pada Kamis (6/7/2023). Pusat pengembangan jagung ini diharapkan menjadi daya tarik investasi jagung di wilayah Timur Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga meninjau panen tanaman jagung yang telah ditanam sejak 3 bulan yang lalu, saat kunjungan Presiden pada 21 Maret 2023. Lokasi panen jagung berada di zona 9 dengan luas tanaman jagung mencapai 39 hektare. Presiden mengapresiasi hasil panen yang dilaporkan mencapai 7 ton per hektare.

“Ini adalah jagung yang kita tanam 3 bulan yang lalu, tepatnya 107 hari yang lalu. Ketika kita datang ke sini, kami menanamnya, dan ini adalah hasilnya,” ujar Presiden Jokowi.

Dukungan yang diberikan oleh Kementerian PUPR dalam pembangunan Food Estate Keerom diharapkan dapat meningkatkan produksi jagung di wilayah tersebut dan memberikan kontribusi positif bagi ketahanan pangan nasional.

Sumber : bisnis.com