Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Pada Hari Idul Adha

Cari Kabar – Perhatikan cara menyimpan daging kurban di kulkas, karena sebentar lagi banyak orang akan mendapatkan daging pada hari Idul Adha. Biasanya, Anda dapat mengonsumsi daging dalam jumlah yang cukup dan tidak cukup untuk menghabiskannya sekaligus. Dalam hal ini, sudah tahukah Anda bagaimana cara menyimpan daging kurban agar tetap awet dan tidak cepat busuk?

Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Melansir laman Times of India, berikut ini adalah beberapa tips menyimpan daging kurban di kulkas:

  • Potong daging menjadi bagian-bagian kecil

Daging harus dipotong sebelum disimpan di dalam kulkas. Untuk setiap keluarga, daging dapat dipotong sesuai porsi. Ini dilakukan dengan memotong daging menjadi potongan kecil dan memisahkan potongan-potongan itu dalam beberapa wadah.

  • Hindari pencucian daging

Banyak ahli gizi bilang daging tidak perlu dicuci. Ini karena mencuci daging mengundang banyak bakteri, membuatnya cepat busuk, dan membuatnya lebih buruk.

  • Simpan dalam kotak tertutup.

Daging disimpan dalam kulkas tetap segar dengan mencegah perkembangan mikroorganisme dan memperlambat aktivitas enzim pembusukan. Daging harus disimpan di tempat yang tidak terpapar udara agar lebih awet. Anda dapat menyimpannya di dalam kemasan yang kedap udara.

  • Beri perhatian pada suhu kulkas.

Untuk membuat daging lebih awet dan berkualitas, suhu terbaik di kulkas adalah 0° F (-18° C). Selain itu, jangan sering membuka dan menutup kulkas dan membekukan kembali daging yang telah dikeluarkan dari freezer.

  • Taruh daging dengan tepat

Tempatkan daging di bagian bawah rak kulkas untuk mencegah cairan daging yang menetes mengenai makanan lain di bawahnya. Jika memungkinkan, letakkan daging dalam wadah tertutup agar terhindar dari kontaminasi silang.

  • Cuci tangan Anda setelah berurusan dengan daging

Penting untuk mencuci tangan dengan sabun dan air hangat setelah menangani daging mentah untuk mencegah penyebaran bakteri.

  • Tandai tanggal penyimpanan

Tulis tanggal penyimpanan pada wadah atau kemasan daging. Ini akan membantu Anda mengingat berapa lama daging telah disimpan di kulkas dan memastikan keamanan konsumsi.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat menyimpan daging di kulkas dengan aman dan mempertahankan kesegaran serta kualitasnya. Pastikan untuk memeriksa kondisi daging sebelum mengonsumsinya dan jika ada tanda-tanda kerusakan atau bau yang tidak sedap, sebaiknya buang daging tersebut.

Sumber: TIMES OF INDIA, Tempo.co

Cari kabar lainnya di sini