Hati-hati, Kenali Ciri-ciri Pengendara Ngantuk

Cari KabarRasa kantuk dapat muncul kapan saja, termasuk saat berkendara. Ini adalah hal-hal yang harus dihindari dan kenali ciri-ciri pengendara ngantuk.

Jika Anda merasa lelah, itu normal bagi Anda untuk beristirahat dan tidak melakukan kegiatan lain seperti menyetir. Menyetir membutuhkan banyak perhatian. Jadi, gerak-gerik kendaraan dapat menunjukkan pengendara yang mengantuk saat menyetir.

Oleh karena itu, orang yang menggunakan jalan harus waspada terhadap segala hal yang terjadi di jalan, terutama ketika mereka bertemu dengan pengendara yang memiliki gelagat yang mencurigakan atau membahayakan.

Terkait hal ini, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menyebutkan bahwa terdapat beberapa ciri pengendara yang sedang mengantuk, yaitu:

Sering Rem Mendadak

Pengendara yang sering melakukan rem mendadak bisa diasumsikan bahwa dirinya sedang mengantuk. Ini dikarenakan pengemudi yang mengantuk biasanya memiliki reflek yang buruk sehingga sering terkejut dan melakukan rem mendadak tanpa tujuan yang jelas.

Kecepatan Tidak Konstan

Sama halnya seperti sering mengerem secara mendadak, kendaraan yang melaju dengan kecepatan yang tidak konstan bisa diindikasikan bahwa sopir sedang mengantuk. Hal ini dikarenakan sopir sudah sulit untuk memperhitungkan tenaga yang perlu dikeluarkan untuk mengoperasikan gas.

Sering Oleng

Menurut Sony, hal yang paling mudah untuk diindikasikan sebagai pengendara yang sedang mengantuk adalah pengendara yang tidak bisa mempertahan kendaraannya untuk berjalan lurus. Sehingga menjadikan kendaraan oleng ke kiri dan kanan secara perlahan.

Sony juga menghimbau agar para pengendara untuk tidak memaksakan diri kala mengemudi dan diharuskan beristirahat setelah berkendara selama 3 jam. Hal ini diperlukan agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan karena berkendara ketika sedang mengantuk.

“Jangan pernah maksain nyetir lebih dari 3 jam dan pastikan istirahatnya optimal. Jangan hanya bergantung sama rest area saja. Nah, biasanya mereka (yang mengantuk) gak punya kesadaran untuk berhenti dulu, rata-rata berhentinya setelah kecelakaan terjadi,” terang Sony

Hati-hati dalam berkendara saat sudah melihat ciri-ciri pengendara yang ngantuk.

Sumber: oto.detik.com

Cari kabar lainnya di sini