FIFA Resmi Beri Sanksi Embargo Transfer ke 5 Klub Indonesia, Termasuk Persija Jakarta

Cari Kabar – FIFA telah menjatuhkan sanksi embargo transfer selama tiga periode terhadap lima klub sepak bola Indonesia, termasuk tim terkenal BRI Liga 1, Persija Jakarta. Keempat klub lain yang juga terkena sanksi serupa adalah Persiraja Banda Aceh, Sada Sumut FC, Persikab Kabupaten Bandung, dan Persiwa Wamena.

Persiwa sendiri telah mengalami perubahan identitas sejak 2018 setelah melakukan merger dengan tim asal Cirebon, Bina Putra FC, yang saat ini berkompetisi di Liga 3.

Sanksi untuk Persiwa telah diberlakukan sejak 12 Mei 2022, sementara Sada Sumut FC dan Persikab mendapat sanksi pada 26 Februari 2024, dan Persiraja pada 26 Januari 2024.

Meskipun FIFA tidak mengungkapkan secara spesifik kasus apa yang menyebabkan sanksi terhadap kelima klub tersebut, termasuk Persija Jakarta, yang dilarang mendaftarkan pemain dalam beberapa kesempatan, peraturan FIFA menyatakan bahwa embargo transfer dapat diberlakukan atas beberapa penyebab, seperti kewajiban pembayaran yang jatuh tempo, pemutusan kontrak tanpa alasan yang sah, pemutusan kontrak sepihak karena pemain hamil atau menjadi hamil, dan kegagalan membayar jumlah yang relevan tepat waktu.

Sanksi tersebut berdampak pada larangan pendaftaran pemain baik di tingkat nasional maupun internasional, sehingga akan memengaruhi setiap pendaftaran yang berasal dari transfer domestik maupun internasional untuk kelima klub tersebut. Jadi mau tidak mau mereka harus menerima sanksi tersebut, dan harus menjalankan sanksi yang tertera di atas.

 

Sumber : bola.net