Snapdragon 8s Gen 3 Bawa Tiga Fitur AI Qualcomm Ini ke Ponsel

Cari KabarQualcomm baru-baru ini memperkenalkan system-on-chip (SoC) high-end terbaru mereka yang diberi nama Snapdragon 8s Gen 3. SoC ini berada di kelas yang sama dengan Snapdragon 8 Gen 3 (non-S), tetapi berada di bawahnya dalam hal kinerja. Kedua SoC ini diproduksi dengan proses fabrikasi 4 nm dan memiliki sejumlah fitur serupa, termasuk kemampuan AI on-device.

Snapdragon 8s Gen 3 mendukung multimodal generative AI secara on-device dan mampu menjalankan large language model (LLM) hingga 10 miliar parameter, termasuk Llama 2 dan Gemini Nano. Ini akan membawa fitur-fitur AI terbaru dari Qualcomm ke ponsel non-flagship. Berikut adalah tiga fitur unggulan dari Snapdragon 8s Gen 3:

  1. Asisten Virtual dengan Wajah: Dengan bantuan Qualcomm Sensing Hub, asisten virtual pada ponsel akan memiliki wajah, membuat interaksi dengan mereka terasa lebih intuitif. Data pengguna yang dikumpulkan secara aman akan digunakan untuk menyajikan saran yang lebih relevan sesuai dengan preferensi pengguna.
  2. Pembuatan Gambar Cepat: Dukungan terhadap 10 miliar parameter dan kompatibilitas dengan berbagai model LLM dan vision memungkinkan Snapdragon 8s Gen 3 untuk membuat gambar dengan generative AI dalam waktu singkat, hanya dalam hitungan milidetik. Chip ini juga mampu menjalankan LLM dengan cepat, mencapai 20 token per detik.
  3. Perlebaran Foto: Fitur Photo Expansion memungkinkan Snapdragon 8s Gen 3 untuk memperlebar foto dengan generative AI secara on-device. Foto yang diperlebar akan tampak lebih luas, dengan bagian tambahan yang dibuat agar blend-in dan mirip dengan aslinya.

Spesifikasi dari Snapdragon 8s Gen 3 mencakup CPU Prime Cortex-X4, empat inti CPU Cortex-A720, dan tiga inti CPU Cortex-A520. SoC ini juga dilengkapi dengan GPU Adreno dengan hardware ray-tracing, mendukung RAM LPDDR5x hingga 24 GB, media penyimpanan UFS 4.0, dan USB 3.1 Gen 2. Modem yang digunakan adalah X70, yang mendukung Wi-Fi 7 serta 5G NR Sub-6 dan mmWave.

Beberapa vendor smartphone, termasuk Honor, iQoo, Realme, dan Xiaomi, telah menyatakan niat mereka untuk menggunakan Snapdragon 8s Gen 3 di produk-produk mereka. Ponsel pertama yang ditenagai oleh Snapdragon 8s Gen 3 diharapkan akan hadir dalam beberapa bulan ke depan.

 

Sumber : tekno.kompas.com