Tim AMIN: 10 Orang Saksi Mundur Menjelang dan Saat Sidang MK

Cari Kabar – Tim kuasa hukum Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menyatakan bahwa ada lebih dari 10 orang saksi yang mundur menjelang dan saat sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Bambang Widjojanto (BW), anggota tim hukum AMIN, mengungkapkan bahwa beberapa dari saksi-saksi yang mundur merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Meskipun tidak memberikan detail tentang alasan mundurnya para saksi, BW menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan penyortiran terhadap saksi-saksi tersebut. Dia menegaskan bahwa beberapa saksi yang telah dipilih sebelumnya akhirnya memutuskan untuk mundur, tanpa memberikan indikasi apakah hal tersebut terkait dengan intimidasi atau tekanan.

Ketua Tim Hukum AMIN, Ari Yusuf Amir, menambahkan bahwa beberapa saksi mundur terjadi bahkan saat sidang sedang berlangsung. Dia menyebutkan bahwa lima orang saksi baru saja mengundurkan diri ketika sidang sedang berlangsung. Di antara para saksi yang mundur, terdapat tokoh-tokoh seperti kiai, pengasuh pondok pesantren, dan pimpinan pengasuh santri dari Jawa Timur.

Selain itu, lima saksi lainnya telah mundur sebelum sidang dimulai. Mereka terdiri dari Kepala Desa, Petugas Pemilu, dan ASN dari Jawa Tengah. Ari menekankan bahwa beberapa saksi mundur karena takut akan intimidasi atau tekanan yang mungkin mereka alami. Mereka takut mentalnya terkena oleh tekanan dan hawa keberadaan dari sidang itu, makanya mereka memilih untuk mundur dan tidak maju untuk melanjutkan sidang ini

 

Sumber : news.detik.com