Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di Microsoft Word

Cari Kabar – Dalam konteks penulisan yang panjang seperti buku atau tesis, daftar isi berfungsi sebagai panduan bagi pembaca untuk menavigasi topik-topik yang dibahas. Daftar isi ini memudahkan pembaca untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan tanpa harus membaca seluruh dokumen dari awal hingga akhir. Anda dapat membuat daftar isi secara manual atau otomatis menggunakan perangkat lunak seperti Microsoft Word atau Google Docs. Bagi pengguna Microsoft Word, membuat daftar isi secara manual mungkin tidak efisien, sehingga membuatnya secara otomatis menjadi pilihan yang lebih praktis. Berikut adalah cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word.

Untuk pengguna Windows 10, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka dokumen yang ingin Anda kerjakan di Microsoft Word.
  2. Klik menu “References” dan pilih opsi “Table of Contents”.
  3. Pilih format “Automatic Table 1” dari opsi yang muncul.
  4. Microsoft Word akan secara otomatis membuat daftar isi yang mencakup sub-judul dari setiap halaman beserta keterangan.
  5. Ketika ingin menambahkan atau memperbarui isi dokumen, daftar isi juga harus diperbarui. Caranya, klik “References > Update Table” dan pilih opsi “Update page numbers only” atau “Update entire table”.
  6. Opsi “Update page numbers only” akan memperbarui nomor halaman tanpa mengubah teks judul, sedangkan “Update entire table” akan memperbarui seluruh daftar isi, termasuk halaman dan teks judul yang baru ditambahkan.
  7. Jika ada entri yang hilang pada daftar isi, klik “Home > Style > Heading 1”, lalu masukkan nama teks judul dan halaman yang diinginkan.

Untuk pengguna MacOS, langkah-langkahnya hampir sama dengan Windows 10:

  1. Saat ingin menambahkan atau memperbarui isi dokumen, daftar isi juga harus diperbarui. Caranya, klik “References > Update Table” dan pilih opsi “Update page numbers only” atau “Update entire table”.
  2. Opsi “Update page numbers only” akan memperbarui nomor halaman tanpa mengubah teks judul, sedangkan “Update entire table” akan memperbarui seluruh daftar isi, termasuk halaman dan teks judul yang baru ditambahkan.
  3. Klik “References > Table of Contents > Auto Contents” dan daftar isi akan muncul secara otomatis.

Itulah cara membuat daftar isi otomatis dengan cepat dan praktis menggunakan Microsoft Word, baik via Windows maupun MacOS. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda.

 

Sumber : tekno.kompas.com