Daftar 8 Film Fiksi Ilmiah Terbaik Pilihan NASA, Ada Favoritmu?

Cari Kabar – Film-film fiksi ilmiah merupakan bagian penting dari budaya populer dan sering kali menjadi sumber inspirasi bagi para penonton untuk merenungkan kemungkinan masa depan dan eksplorasi ilmiah. Berikut adalah rangkuman film-film fiksi ilmiah terbaik menurut para ilmuwan NASA, seperti dilaporkan oleh majalah Far Out melalui Collider.com:

  1. Jurassic Park (1993):
    – Film klasik Steven Spielberg ini mengisahkan petualangan seorang ahli paleontologi yang berusaha melindungi anak-anak dari dinosaurus hasil kloning yang berkeliaran di sebuah kebun binatang.
    – Meskipun ada beberapa ketidakakuratan ilmiah, film ini diakui oleh NASA sebagai salah satu yang terbaik dalam genre ini karena efek visualnya yang luar biasa.
  2. The Thing from Another World (1951):
    – Film ini menggambarkan kru angkatan udara AS yang menemukan makhluk humanoid di Kutub Utara yang haus darah setelah menemukan piring terbang yang jatuh.
    – Para ilmuwan NASA mengapresiasi film ini karena inovasi visualnya pada zamannya dan cerita horor yang menegangkan.
  3. Woman in the Moon (1929):
    – Film Jerman ini menjadi salah satu perintis genre fiksi ilmiah dengan menggambarkan perjalanan eksperimental ke bulan oleh sebuah perusahaan kartel rempah-rempah.
    – Para ilmuwan NASA menghargai film ini karena menjadi salah satu film pertama yang menggambarkan perjalanan luar angkasa secara akurat.
  4. The Day the Earth Stood Still (1951):
    – Film ini mengilustrasikan alien yang mendarat di Washington, D.C. dan memperingatkan manusia tentang bahaya perang dan destruksi.
    – Dianggap sebagai salah satu karya klasik, film ini tetap relevan dengan tema universalnya hingga saat ini.
  5. Metropolis (1927):
    – Film Jerman ini menggambarkan sebuah kota futuristik yang terbagi antara kelas pekerja dan perintis, dengan romansa terlarang sebagai fokus utamanya.
    – Dihargai oleh para ilmuwan NASA karena pesan sosial-politiknya yang mendalam dan visual yang mengesankan.
  6. Contact (1997):
    – Film ini mengikuti Dr. Ellie Arroway dalam pencariannya terhadap makhluk luar angkasa setelah menemukan sinyal radio misterius.
    – Dianggap sebagai salah satu film luar angkasa yang paling akurat secara ilmiah, film ini mendapatkan apresiasi dari para ilmuwan NASA.
  7. 2001: A Space Odyssey (1968):
    – Film epik Stanley Kubrick ini mengikuti perjalanan pesawat ruang angkasa ke Jupiter setelah menemukan artefak misterius di Bulan.
    – Dikenal karena penggambaran perjalanan luar angkasanya yang realistis, film ini tetap dicintai dan dihargai oleh ilmuwan NASA.
  8. Gattaca (1997):
    – Film thriller ini mengikuti kisah seorang pria dengan genetika yang kurang sempurna yang berusaha menjelajahi ruang angkasa.
    – Dikenal karena narasi uniknya dan relevansinya dengan perkembangan teknologi genetika, film ini dianggap sebagai salah satu yang paling masuk akal oleh para ilmuwan NASA.

Film-film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi dan memunculkan refleksi mendalam tentang kemungkinan masa depan dan eksplorasi ilmiah. Melalui penelitian dan kolaborasi dengan NASA, film-film ini telah menjadi bagian integral dari warisan budaya yang berpengaruh.

 

Sumber : liputan6.com