Operasi Pekat Jaya, Ada 352 Kasus Kejahatan

Cari KabarPolda Metro Jaya bersama Polres di wilayahnya berhasil mengungkap sebanyak 352 kasus kejahatan dan menangkap 409 tersangka selama pelaksanaan operasi penyakit masyarakat atau Pekat.

Operasi Pekat Jaya dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret 2024 hingga 15 Maret 2024, selama 15 hari. Kombes Wira Satya Triputra, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, menjelaskan bahwa operasi Pekat menetapkan 71 target operasi, sementara 281 kasus lainnya diluar dari target operasi.

Wira mengungkapkan bahwa total kasus yang terungkap adalah sebanyak 352, dengan jumlah tersangka mencapai 409 orang. Pencurian kendaraan bermotor menjadi kasus yang paling tinggi diungkap dengan total 182 kasus, diikuti oleh pencurian dengan pemberatan (Curat) sebanyak 59 kasus, dan pencurian dengan kekerasan (Curas) sebanyak 14 kasus. Selain itu, ada juga tiga kasus pembunuhan yang berhasil diungkap, terjadi di Jakarta Barat, Bekasi Kota, dan Bekasi Kabupaten.

Selama operasi tersebut, kepolisian berhasil menyita berbagai barang bukti seperti mobil, sepeda motor, senjata api, senjata tajam, minuman keras (miras), dan uang tunai. Barang bukti yang disita meliputi 7 unit mobil, 117 unit sepeda motor, 3 pucuk senjata api, 48 bilah senjata tajam, uang tunai sejumlah Rp 13.613.000, serta 187 unit laptop dan 132 botol miras.

Para tersangka akan dijerat sesuai dengan pasal-pasal yang berlaku sesuai dengan tindakan kejahatan yang mereka lakukan. Kasus pembunuhan akan dikenakan Pasal 340 atau 338 KUHP, sementara kasus pencurian dengan kekerasan akan dipersangkakan dengan Pasal 365 KUHP, dan pencurian dengan pemberatan dikenakan Pasal 363 KUHP. Terkait kepemilikan senjata tajam dan senjata api, akan dijerat berdasarkan Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951, dan kasus pemerasan akan dijerat dengan Pasal 368 KUHP.

Proses hukum terhadap para pelaku akan dijalankan secara tuntas, dan berkas perkara akan dilimpahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk selanjutnya diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

Sumber: liputan6.com