Pulau Banda Neira, Wisata Surga dari Timur

Cari KabarPulau Banda Neira tengah viral di media sosial. Itu berawal dari seorang pengguna akun Twitter yang membagikan momen wisata ke Banda Neira.

Dari momen yang dibagikan, pengguna memperlihatkan foto bangunan zaman Belanda di Banda Neira, panorama alam, kegiatan penduduk, serta cara pergi ke Banda Neira dari Jakarta lengkap dengan kisaran biayanya. 

Sontak warganet pun meramaikan tagar Banda Neira dan membagikan momen berwisata tersebut lengkap dengan potret keindahan alamnya. Adapun warganet yang berharap bisa pergi ke Banda Neira suaru saat nanti. 

Di mana Pulau Banda Neira?

Banda Neira atau Banda Naira merupakan salah satu pulau di Kepulauan Banda, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Wisatawan perlu menyeberang Laut Banda dari Kota Ambon untuk sampaik ke Banda Neira. 

Akses Transportasi

Berkat jarak yang jauh dan keterbatasan moda transportasi serta informasi, perjalanan menuju kepulauan di Kabupaten Maluku ini memang cukup menantang. 

Sebelum ke Banda Neira wisatawan harus menuju Ambon, ibu kota Provinsi Maluku terlebih dahulu. Kamudian baru melanjutkan perjalanan menuju Banda Neira. Pulau tersebut berada di Kepulauan Banda. 

Pulau ini memiliki pelabuhan dan bandara. Sehingga wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dari Ambon ke Banda Neira menggunakan kapal atau pesawat perintis. Di antaranya adalah kapal feri, kapal Pelni, dan pesawat perintis. 

Keindahan Banda Neira

Salah satu pulau di Kepulauan Banda ini dijuluki Surga dari Timur berkat keindahan alamnya. Tak heran Banda Neira menjadi incaran wisatawan nusantara maupun mancanegara. 

Banda Neira juga dikenal sebagai tempat snorkeling  populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain pemandangan bawah laut yang memesona, panorama sunset di Banda Neira juga menjadi daya tarik. Jernihnya air laut memantulkan sinar matahari senja seperti kaca. 

Selain wisata alam, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan benteng-benteng pertahanan bangsa Eropa di Banda Neira. Salah satunya adalah benterng Belgica. 

Benteng ini dibangun oleh Portugis, sebelum akhirnya digunakan oleh kongsi dagang Belanda yaitu VOC untuk mengawasi kapal-kapal yang keluar masuk Banda. 

Sumber: kompas.com