iPhone16 Bakal Punya Action Button, Mute Button Tergantikan

Cari Kabar – Spekulasi mengenai iPhone 16 pada tahun ini semakin menguat, walaupun iPhone 15 masih tergolong sebagai produk baru. Banyak bocoran yang beredar mengenai iPhone 16, di antaranya adalah tentang kemungkinan adopsi fitur-fitur penting dari pendahulunya. Seperti yang kita ketahui, iPhone 15 menjadi sangat populer tahun lalu karena memperkenalkan beberapa fitur baru, termasuk port USB-C, bodi titanium, tombol Action, kamera periskop untuk seri Pro, dan Dynamic Island untuk versi non-Pro.

Kemungkinan besar, iPhone 16 versi standar akan mempertahankan fitur-fitur yang sebelumnya hanya ada pada versi Pro tahun lalu, seperti Dynamic Island yang awalnya ada di iPhone 14 Pro dan sekarang hadir di iPhone 15 versi non-Pro. Selain itu, berdasarkan laporan Android Authority, Apple mungkin juga akan menghadirkan tombol Action di varian reguler iPhone 16, menggantikan tombol Mute yang biasanya ada di versi reguler sebelumnya.

Selain itu, rumor terbaru juga menyebutkan kemungkinan adanya penambahan tombol baru, yaitu Capture Button, yang akan ditempatkan di sisi kanan smartphone. Tombol ini disebut-sebut akan digunakan untuk merekam video, serta memiliki kemampuan merespons tekanan dan sentuhan. Leaker Mark Gurman juga menyatakan bahwa tombol tersebut dapat digunakan untuk mengatur fokus dengan menekan secara ringan, atau mengambil gambar dan merekam video dengan menekan lebih kuat.

Selain fitur tombol baru, laporan MacRumors yang dikutip oleh Android Authority juga memperlihatkan render prototipe awal dari iPhone 16. Desain kamera iPhone 16 diperkirakan akan mirip dengan iPhone X, sementara tombol volume akan terpadu dan memberikan umpan balik haptic berupa getaran.
Untuk variasi warna, iPhone 16 dikabarkan akan hadir dalam tiga warna, yaitu Kuning, Pink, dan Hitam Midnight. Sedangkan untuk varian Pro, dikabarkan akan hadir dalam warna Desert Titanium dan Abu-abu Titanium. Ukuran layar iPhone 16 juga diperkirakan akan lebih besar dari sebelumnya, dengan ukuran 6,2 inci dan 6,8 inci untuk versi Pro dan Pro Max. Meskipun begitu, versi non-Pro diperkirakan akan tetap menggunakan ukuran layar yang sama dengan versi sebelumnya.

Analis layar Ross Young juga memprediksi bahwa Apple akan memperkenalkan fitur high refresh rate di iPhone seri reguler pada tahun 2025. Namun, untuk iPhone yang akan dirilis tahun ini, masih diperkirakan akan menggunakan refresh rate 60Hz.

Sumber : liputan6.com