Ini 5 Teknologi 5G Ericsson yang Dipamerkan di MWC 2024 Barcelona

Cari KabarPameran Mobile World Congress (MWC) 2024 yang diselenggarakan di Barcelona pada akhir Februari 2024 masih sangat didominasi oleh teknologi 5G. Ericsson, salah satu penyedia teknologi jaringan seluler, menampilkan beberapa area demonstrasi yang menarik untuk menunjukkan potensi dan pemanfaatan 5G.

  1. Fixed Wireless Access (FWA):
    Ericsson menyoroti teknologi FWA sebagai salah satu pemanfaatan utama 5G. FWA merupakan teknologi jaringan broadband nirkabel yang memungkinkan akses internet berkecepatan tinggi tanpa perlu pemasangan kabel. Di Indonesia, contohnya adalah produk Telkomsel Orbit. Teknologi ini dianggap menguntungkan bagi pengguna di wilayah terpencil dan pedesaan karena tidak memerlukan instalasi kabel internet broadband. Ericsson menyatakan bahwa teknologi 5G FWA mereka dapat dipasang dalam waktu singkat, sekitar tujuh hari, dan memiliki potensi bisnis yang menjanjikan dengan tingkat pengembalian modal yang cepat.
  2. Efisiensi Jaringan Radio Akses (RAN):
    Ericsson menekankan pentingnya efisiensi dalam operasi jaringan, terutama dalam Radio Access Network (RAN). Mereka menghadirkan solusi RAN Energy Efficiency yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengatur penggunaan daya perangkat RAN berdasarkan trafik jaringan. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan stabilitas layanan jaringan tanpa mengorbankan pengalaman pengguna, bahkan saat trafik jaringan sedang tinggi.
  3. 5G Differentiated Connectivity:
    Solusi ini memungkinkan jaringan 5G untuk diprioritaskan berdasarkan kebutuhan layanan dan aplikasi tertentu. Contohnya adalah memberikan prioritas pada koneksi untuk game online agar pengalaman bermain lebih lancar. Dengan demikian, layanan jaringan dapat dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan pengguna, meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
  4. Keamanan Siber (Cybersecurity):
    Ericsson memperkenalkan platform keamanan siber 5G bernama Ericsson Security Manager. Platform ini dirancang untuk melindungi jaringan seluler dari berbagai risiko dan serangan siber dengan memantau operasi jaringan secara real-time dan memberikan deteksi dini terhadap ancaman keamanan.
  5. Macro 5G:
    Ericsson juga menampilkan sejumlah perangkat pemancar radio (RAN) yang mendukung konektivitas 5G. Di antaranya, Radio 4823, Radio 4461 HP, Radio 4485, Radio 4486, dan Air 3255. Perangkat-perangkat ini dirancang untuk memberikan konektivitas 5G yang stabil, cepat, dan efisien kepada pengguna.

Dengan berbagai inovasi dan solusi yang ditawarkan, Ericsson berusaha untuk memperluas penerapan dan manfaat teknologi 5G dalam berbagai aspek kehidupan dan industri, serta meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

 

Sumber : tekno.kompas.com