Empat Siswa SMA Islam Sabillilah Berpeluang Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa Indonesia Maju

Cari Kabar – Empat siswa kelas 12 SMA Islam Sabillilah Malang mendapat peluang untuk kuliah di perguruan tinggi di luar negeri melalui Beasiswa Indonesia Maju (BIM) dari LPDP-Puspresnas. Mereka telah memilih empat perguruan tinggi di luar negeri, dengan pengumuman hasil dari Puspresnas diperkirakan akan dilakukan pada Juni 2024.

Salah satu dari mereka, Siti Jemima Dayyina, memilih Swiss Hotel Management School (Hospitality), University of Toronto (Communication Studies), University of Sydney (Communication Studies), dan Nanyang Technological University (Communication Studies) di Singapura. Jemima tertarik pada dunia perhotelan setelah melakukan riset untuk penulisan esainya yang membukakan wawasannya tentang bidang tersebut.

Fina Nihlaturrajwa, siswa lainnya, memilih Babson College (Entrepreneurship), University of Sydney (Commerce), National University of Singapore (Business Administration), KU Leuven (Business Administration), dan University of Utah (Entrepreneurship). Fina diterima di University of Utah, karena ia memiliki minat yang kuat dalam bidang bisnis.

Selain memilih empat perguruan tinggi, siswa juga memiliki kebebasan untuk memilih satu kampus yang mendaftar secara mandiri. Pembinaan dan persiapan untuk mengikuti BIM dilakukan sejak kelas 11, dengan proses seleksi administrasi dan tes wawancara. Beasiswa ini mencakup dana penuh hingga lulus, dengan salah satu syaratnya adalah kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi.

Menurut Kepala SMA Islam Sabillilah Malang, Idi Rathomy Baisa, BIM diselenggarakan oleh Puspresnas Kemendikbud dan memberikan beasiswa kepada siswa sejak kelas 11 melalui seleksi administrasi dan tes wawancara. Ada pembinaan rutin dari Kemdikbud untuk persiapan kuliah di luar negeri, dan sekolah juga terpacu untuk mempersiapkan siswa sejak kelas 10 dengan membuat kelas-kelas masa depan, termasuk kelas beasiswa internasional, kelas kedinasan, dan kelas PTN top Indonesia.

 

Sumber : suryamalang.tribunnews.com