Cara yang Cepat dan Mudah untuk Menemukan Informasi Pemilik Nomor HP Menggunakan Internet

Cari Kabar – Mungkin ada keinginan dari pengguna untuk mengetahui metode melacak pemilik nomor telepon melalui internet. Hal ini sangat bermanfaat karena bisa membantu pengguna dalam mengidentifikasi identitas dari seseorang yang menelepon mereka. Dalam beberapa situasi, pengguna mungkin mendapatkan panggilan atau pesan dari nomor yang tidak dikenal. Untuk menghindari potensi penipuan, pengguna dapat melakukan pemeriksaan atau pelacakan terhadap pemilik nomor telepon yang tidak dikenal tersebut.

Cara melacak pemilik nomor HP lewat internet dapat dilakukan dengan menggunakan platform seperti Truecaller. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi website Truecaller di https://www.truecaller.com.
  2. Klik menu “Masuk” dan login menggunakan akun Google atau akun Truecaller Anda jika sudah memiliki.
  3. Setelah berhasil masuk, masukkan nomor HP yang ingin Anda lacak pemiliknya.
  4. Mulai pencarian, dan Truecaller akan menampilkan informasi nama dari pemilik nomor HP tersebut yang diberikan oleh para pengguna lain.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengetahui nama dari pemilik nomor HP yang tidak dikenal yang menghubungi Anda. Truecaller bekerja dengan cara mengidentifikasi nomor telepon sesuai database yang dimilikinya, yang dikumpulkan melalui cara crowdsourcing atau kontribusi pengguna. Database tersebut berisi riwayat para pengguna dalam memberikan nama atau tag pada nomor telepon.

Selain untuk mengetahui nama pemilik nomor HP, Truecaller juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi nomor penipu. Jika banyak orang memberi nama nomor asing sebagai penipu, platform biasanya akan memberikan peringatan bahwa nomor tersebut berpotensi berbahaya. Dengan informasi tersebut, Anda dapat memutuskan untuk memblokir nomor tersebut agar terhindar dari penipuan atau gangguan.

 

Sumber : tekno.kompas.com