Samsung Merilis MicroSD Khusus untuk Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) di Smartphone

Cari KabarSamsung telah meluncurkan dua kartu memori baru berjenis microSD, yaitu Samsung 256 GB SD Express dan 1 TB UHS-I microSD. Vice President Memory Brand Product Biz Team Samsung Electronics, Hangu Sohn, menjelaskan bahwa kedua microSD ini dirancang untuk mendukung kinerja kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di smartphone masa kini. Sohn menyatakan bahwa meskipun berukuran kecil, kedua microSD ini mampu memberikan performa dan kapasitas yang setara dengan SSD, sehingga dapat membantu pengguna dalam menjalankan berbagai aplikasi smartphone yang membutuhkan memori cepat.

Dari segi performa, Samsung mengklaim bahwa 256 GB SD Express memiliki transfer data yang sangat cepat, dengan kecepatan memproses atau “membaca” (read speed) hingga 800 MB/s. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kartu memori tipe UHS-I yang memiliki read speed sekitar 104 MB/s, dan nyaris 1,5 kali lebih cepat daripada SSD berjenis SATA dengan kecepatan read speed 560 MB/s.

Sementara itu, kartu memori baru lainnya adalah 1 TB UHS-I microSD yang menawarkan kapasitas besar, yaitu 1 TB. Namun, kecepatan read speed-nya hanya mencapai 104 MB/s, lebih rendah dibandingkan dengan 256 GB SD Express.

Fitur pendukung yang disertakan dalam 256 GB SD Express meliputi Boot Support, Trusted Computing Group Storage, dan Replay Protected Memory Block Authenticated Memory. Sedangkan, fitur lain yang ada di 1 TB UHS-I microSD mencakup perlindungan terhadap air, suhu ekstrem, tahan banting, tahan terhadap karat, serta tahan terhadap sinar X dan efek tarikan dari besi magnet.

Kartu memori 256 GB SD Express diproyeksikan akan tersedia sekitar tahun ini, sementara 1 TB UHS-I microSD diperkirakan akan diluncurkan sekitar kuartal III-2024. Hal ini diungkapkan dalam informasi yang dirangkum KompasTekno dari Engadget pada Selasa (5/3/2024).

Sumber : tekno.kompas.com