Marc Klok Ternyata Diberi Julukan ‘Kakek’ oleh Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Cari KabarMarc Klok memiliki hubungan istimewa dengan rekan-rekan pemain naturalisasi Timnas Indonesia. Pemain Persib Bandung ini dikenal sebagai sosok yang membantu adaptasi para pemain muda yang baru bergabung dengan skuad di Indonesia, sehingga sering kali disebut sebagai figur senior atau ‘kakek’ di tim.

Sebagai seorang pemain naturalisasi, proses keanggotaan Marc Klok di Timnas Indonesia tidaklah mudah. Meskipun dia telah melakukan proses naturalisasi pada November 2020, perubahan status kewarganegaraannya tidak dilakukan sesuai dengan Pasal 9 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. Marc Klok mendapatkan kewarganegaraan Indonesia melalui jalur pasal 20, yang mengharuskan dia membuktikan kontribusinya kepada Republik Indonesia atau alasan penting lainnya.

Walaupun demikian, aturan FIFA mengenai durasi tinggal di Indonesia membuat Marc Klok harus menunggu sebelum bisa memperkuat Timnas Indonesia. Setelah tinggal di Indonesia sejak April 2017, baru pada tahun 2022 dia dapat membuat debutnya.

Namun, setelah beberapa waktu bergabung dengan Timnas Indonesia, Marc Klok mulai memainkan peran penting dalam membantu para pemain muda naturalisasi beradaptasi dengan skuad Garuda. Dia telah membantu dalam proses adaptasi beberapa pemain seperti Rafael Struick, Ivar Jenner, dan yang terbaru Jay Idzes.

Jay Idzes bahkan mengungkapkan bahwa Marc Klok telah menjadi mentor bagi para pemain muda naturalisasi, dan disebut sebagai ‘kakek’ di tim. Jay Idzes sendiri baru-baru ini menjadi WNI dan berharap untuk membuat debutnya dalam pertandingan melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dia sangat bersemangat untuk membuat debutnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, yang terkenal dengan atmosfernya yang luar biasa bagi para pemain tim nasional. Dia sangat tidak sabar ingin cepat merasakan rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sumber : liputan6.com