Adenanta Raih Podium Kedua di Race 2 ARRC Kelas SS600 di Thailand

Cari KabarMohammad Adenanta Putra, pembalap muda Indonesia, berhasil meraih podium kembali pada seri perdana Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024 kelas Supersport 600 (SS600) di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand. Pada race 2 yang digelar pada hari Minggu, perlombaan tersebut dihentikan dengan bendera merah setelah terjadi insiden terjatuhnya tiga pembalap.

Setelah meraih podium ketiga pada race 1 pada hari Sabtu (16/3), Adenanta berhasil memperbaiki posisinya dengan meraih podium kedua pada race 2. Pembalap berusia 19 tahun ini menggunakan motor Honda CBR600RR yang semakin ia kuasai setelah proses adaptasi musim sebelumnya.

Meskipun memulai start dari row 4 di posisi ke-11, Adenanta melakukan start dengan baik dan berhasil naik ke posisi kelima pada lap kedua. Dia berhasil menyalip rekan setimnya di Astra Honda Racing Team, Veda Ega Pratama, serta dua pembalap Malaysia, Azroy Hakeem Anuar dan Muhammad Helmi Azman, serta pembalap Thailand, Apiwath Wongthananon, yang memimpin balapan.

Pada lap ketiga, Adenanta berhasil menggeser Veda di posisi keempat, dan dengan semakin memacu gasnya, ia berhasil menyalip Azroy dan Helmi untuk mengejar Apiwath di posisi pertama.

Balapan terhenti pada lap keempat setelah terjadi kecelakaan yang melibatkan tiga pembalap, yaitu Azroy, Helmi Aznan, dan pembalap Indonesia, Wahyu Nugroho. Setelah mendapatkan perawatan medis dan dinyatakan baik-baik saja, balapan dilanjutkan dengan 5 lap.

Adenanta dan Apiwath terus bersaing ketat untuk merebut posisi pertama. Adenanta sempat berhasil menyalip Apiwath, namun sang juara race 1 berhasil mengambil alih posisi pertama kembali. Hingga balapan berakhir, Apiwath berhasil mempertahankan posisinya dan menjadi juara di negaranya sendiri.

Adenanta finis di posisi kedua, yang merupakan podium tertingginya di kelas SS600 setelah sebelumnya meraih dua podium posisi ketiga.

Sementara itu, dua rekan satu tim Adenanta, Veda dan Rheza Danica Ahrens, yang baru naik kelas dari Asia Production 250 (AP250) musim ini, finis di posisi keenam dan ketujuh.

Dengan demikian, Adenanta menutup seri perdana ARRC musim ini dengan menempati posisi kedua dalam klasemen sementara kelas SS600 dengan 36 poin, terpaut 15 poin dari pemimpin klasemen, Apiwath, yang mengoleksi 50 poin.

Kedua rekannya, Rheza Danica dan Veda Danica, berada di posisi ketujuh dan kedelapan dalam klasemen sementara dengan koleksi poin masing-masing 19 poin dan 18 poin.

Seri kedua ARRC 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 April mendatang di Sirkuit Internasional Zhuhai, China.

Sumber : antaranews.com