Jack Ma, Pendiri Alibaba Group, Berinvestasi di Startup Sektor Pertanian dan Perikanan

Cari Kabar – Kabar menarik datang dari dunia bisnis dan teknologi, di mana pendiri Alibaba Group, Jack Ma, dilaporkan telah berinvestasi di startup sektor pertanian dan perikanan. Startup yang bernama 1.8 Meters Marine Technology (Zhejiang) Co ini didirikan di Hangzhou pada tanggal 20 Juli dengan modal terdaftar senilai 110 juta yuan atau sekitar US$15 juta.

Melansir laporan South China Morning Post (SCMP), mayoritas saham dari startup ini dipegang oleh 1.8 Meters Technology Holding Ltd yang berbasis di Hong Kong, dengan total saham sebanyak 80 persen. Investor terbesar kedua adalah Hangzhou Dajingtou No 22 Arts and Culture Co Ltd, perusahaan yang juga dirintis oleh Jack Ma pada tahun 2019, dengan porsi saham sebesar 10 persen. Mantan Kepala Eksekutif Ant Group, Simon Hu, juga dilaporkan memiliki 5,5 persen saham di perusahaan baru ini.

Startup 1.8 Meters Marine Technology memiliki fokus bisnis yang mencakup produk akuatik, pakan, dan pemrosesan. Selain itu, mereka juga terlibat dalam penjualan grosir dan eceran produk pertanian, serta pengembangan sistem tenaga angin lepas pantai. Semua ini sesuai dengan minat dan fokus Jack Ma setelah ia mengundurkan diri dari posisinya di Alibaba.

Setelah melepaskan perannya sebagai pemimpin Alibaba pada tahun 2019, Jack Ma mulai mengalihkan perhatiannya pada isu-isu lingkungan dan pertanian berkelanjutan. Ia melakukan perjalanan internasional untuk belajar tentang produksi pangan yang berkelanjutan dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, pada bulan Mei lalu, Jack Ma menjadi profesor tamu di Tokyo College, tempat ia memusatkan perhatiannya pada pertanian berkelanjutan dan produksi pangan.

Sebelumnya, Jack Ma juga telah mengunjungi universitas di Belanda untuk mempelajari cara meningkatkan produksi pangan yang berkelanjutan. Minatnya dalam bidang pertanian terus berkembang, dan ia bahkan menjalani tur di Eropa yang berfokus pada topik yang sama untuk memajukan pengetahuannya dalam sektor ini.

Investasi Jack Ma di startup sektor pertanian dan perikanan ini menjadi bukti nyata bahwa tokoh ini tidak hanya berfokus pada dunia teknologi dan bisnis, tetapi juga memiliki peran yang signifikan dalam mendukung solusi berkelanjutan untuk isu-isu lingkungan dan pangan.

Sumber : cnnindonesia.com