Gempa Bikin Panik, Terdengar Kalimat Takbir Saat Misa di Gereja

Cari Kabar – Video kumandang kalimat takbir di sebuah gereja viral baru-baru ini. Momen itu terjadi saat gempa mengguncang daerah gereja tersebut yang sedang diisi jamaah Misa.

Cuplikan momen tersebut diunggah akun TikTok @angg12_3. Pengguna akun menyebutkan bahwa momen itu terjadi di Gereja Kristus Raja Baciro, DI Yogyakarta, Minggu (23/7/2023).

Terlihat dalam video berdurasi 12 detik itu, suasana ibadah Misa di gereja dengan pastor sedang mengucapkan doa-doa.

Kemudian terdengar kegaduhan setelah pastor mengatakan ‘Pujilah nama Tuhan kita Yesus Kristus kini dan sepanjang masa’. 

Lewat video yang beredar, kamera yang mengarah ke pastor pun memperlihatkan benda di sekitar mimbar bergoyang tanda terjadi gempa. Suasana di dalam gereja yang tadinya hening dan khidmat mendadak berubah jadi kepanikan.

Sang pastor terlihat tetap duduk terdiam dengan ekspresi seperti keheranan, tampak beberapa orang yang hadir refleks berdiri. 

Saat itu lah terekam dari belakang kamera sejumlah orang justru mengucapkan kalimat takbir ‘Allahu Akbar’ yang merupakan seruan bagi umat Islam dalam memuliakan Allah.

Sontak video itu pun langsung mencuri perhatian warganet dan telah ditonton hampir 3,5 juta kali sejak diunggah, bahkan viral di media sosial Twitter.

Sebagian warganet merasa lucu dengan video tersebut. Namun ada pula yang menduga bahwa acara itu sebenarnya bukan sedang ibadah, melainkan misa pernikahan yang memang boleh didatangi umat non-nasrani. 

Sehingga bisa saja yang mengucap takbir adalah umat muslim yang kala itu hadir di misa penikahan, bukan jemaat gereja.

“Ini kayanya misa pernikahan, soalnya yg nonkris boleh mengahadiri misanya,” komentar salah satu netizen.

“Saking seringnya denger orang ngucap takbir kalo lg panik, sampe kebawa gini,” komentar yang lain.

“Efek gempanya bikin server bergeser,” celetuk yang lain.

Sumber: Suara.com