Gegara Kelamaan Nunggu Angkot, Pekerja Ini Jadi Rutin Olahraga Lari

Cari Kabar – Seorang pekerja kantoran di Jakarta, William Teguh Hartono mengawali kebiasaan olahraga lari saat dihadapkan dengan situasi yang tidak ideal. 

Kemacetan ibukota membuat waktunya banyak terbuang di jalanan sehingga susah cari waktu untuk olahraga. Saat itu, ia merasa berat badannya mulai berlebih.

“Awal mulai lari tahun 2018, waktu itu agak merasa badan agak gemuk,” kata William, dalam perbincangan dengan wartawan di Carlton City Hotel Singapura, baru-baru ini.

Berlakunya kebijakan ganjil-genap di sejumlah ruas membuatnya tidak bisa setiap hari menggunakan kendaraan pribadi. Dari tempat kerjanya di Pondok Indah ke kawasan Jakarta Barat, William memanfaatkan bus Transjakarta ketika plat nomor kendaraannya tidak sesuai.

“Dari sisa halte terakhir ke rumah ada mungkin sekitar 4-5 km. Nah saya nunggu angkot kelamaan, ya saya jalan kaki saja,” sambung William.

“Terus saya pikir kenapa nggak olahraga aja sekalian. Jadi tiap saya pulang kantor, sisa 5 km itu saya lariin,” lanjutnya.

Diawali dengan niat membiasakan diri rutin olahraga lari dari halte ke rumah, William makin nyaman dengan rutinitas berolahraga. Lama-kelamaan, intensitasnya meningkat dan jarak larinya makin jauh.

“Ya, seriusnya pelari rekreasional gitu lah ya. Dengan mulai ikut komunitas, ikut event-event,” katanya.

William mengaku mengalami perubahan yang signifikan sejak rajin berolahraga, utamanya terkait berat badan. Jika pada awal memulai olahraga berat badannya ada di kisaran 70-an kg, saat ini ia mengaku bisa mempertahankannya stabil di 60 kg.

“Lainnya apa ya, mungkin badan jadi lebih fit, lebih jarang sakit. Sama, makannya jadi lebih bebas kali ya hahaha,” kelakar William.

William menjadi salah satu dari beberapa pelari dari Indonesia yang berkompetisi di ajang Ultimate Southeast Asia Challenge Lazada Run 2023 di Marina Barrage, Singapura, Minggu (23/7/2023). 

Di ajang tersebut, atlet nasional Odekta Elvina Naibaho menjadi pemenang di kategori 21K Female, dan Novia Nur Nirwani menjuarai kategori 10K Female.

Sumber: detikhealth