Panji Gumilang Punya Ratusan Rekening, OJK Bilang Begini

Cari Kabar – Pimpinan pondok pesantren (ponpes) Al-Zaytun Panji Gumilang diketahui memiliki 256 rekening. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) buka suara terkait Panji Gumilang yang memiliki banyak rekening tersebut. 

Menurut Dian Ediana Rae, Ketua Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, setiap warga negara bebas membuka rekening sesuai dengan yang dinginkan. Pihaknya tak memiliki aturan terkait pembatasan pembukaan rekening.

“Sebenarnya memang tidak ada pembatasan pembukaan rekening bank, tergantung saja kepentingan dan pilihan nasabah di perbankan diberbagai tempat di Tanah Air,” kata Dian saat dihubungi detikcom, Kamis (6/7).

Akan tetapi, lanjut dia, bank diwajibkan hanya memiliki satu Customer Information File (CIF) setiap nasabah untuk penerapan tertib administrasi dan tata kelola bank.

“Jadi semestinya bank juga mengawasi maksud dan tujuan pembukaan rekening untuk menghindari penyalahgunaan rekening bank untuk tujuan-tujuan yang melawan hukum,” ujar Dian.

PPATK saat ini tengah melakukan penelusuran terhadap 289 rekening tersebut. Tak hanya itu, mereka turut memblokir ratusan rekening tersebut. Ratusan rekening itu memiliki 6 nama identitas.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan terdapat 289 rekening atas nama Panji Gumilang dan institusi. 

Mahfud mengatakan, nama pemilik rekening tersebut berbeda-beda. Namun 256 rekening di antaranya merupakan milik pimpinan ponpes Al-Zaytun. Sementara 33 lainnya atas nama institusi. 

“256 rekening atas nama Abu Toto Panji Gumilang, Abdu Salam Panji Gumilang, nama di itu ada 6. Ada Abu Toto, ada Panji Gumilang, ada Abu Salam, pokoknya 6 lah. Dari 256 rekening atas nama dia, 33 rekening atas nama institusi. Jadi 289,” ujar Mahfud kepada wartawan di Jakarta, Rabu (5/7).

Sumber: detikfinance