Manchester City Raih Treble Winner Setelah Kalahkan Inter Milan

Klub sepak bola Inggris, Manchester City, dipastikan meraih piala Liga Champions Eropa setelah mengandaskan perlawanan klub sepak bola asal Italia, Inter Milan.

Pertandingan yang diselenggarakan di Ataturk Olympic Stadium tersebut memperlihatkan City, sebagai pihak yang lebih diunggulkan karena sedang dalam performa luar biasa pasca memenangi Liga Inggris dan Piala FA bulan kemarin melawan Inter yang dianggap underdog tapi tidak bisa diremehkan juga.

Kemenangan diraih engan skor 1-0 di final pagelaran tersebut, Minggu (11/6) dini hari dengan gol semata wayang dari gelandang City, Rodri. 

Pertandingan yang diselenggarakan di Ataturk Olympic Stadium tersebut memperlihatkan City, sebagai pihak yang lebih diunggulkan karena sedang dalam performa luar biasa pasca memenangi Liga Inggris dan Piala FA bulan kemarin melawan Inter yang dianggap underdog tapi tidak bisa diremehkan juga.

Turun dengan formasi dan pemain yang sama-sama tidak berubah sejak pertandingan terakhir yang mereka lakoni masing-masing, City tancap gas sejak awal menyerang pertahanan Inter.

Namun, hingga turun minum babak pertama, skor masih sama kuat di antara keduanya.

Kebuntuan pecah ketika salah satu pemain City, Bernardo Silva melakukan crossing ke kotak penalti yang memantul ke salah satu pemain Inter dan berakhir tepat di kaki Rodri, yang langsung memasukkannya dengan tenang ke gawang Inter yang dikawal oleh Andre Onana. Skor 1-0 untuk City bertahan hingga laga berakhir.

Kemenangan City di laga final Liga Champions Eropa ini menandakan kali pertama mereka memenangi piala tersebut, juga menggenapkan jumlah piala yang mereka dapatkan di musim ini menjadi tiga piala, atau yang kerap disebut dengan treble winner. 

Kota Manchester dan Treble Winner

Meski mencatatkan diri sebagai pemenang treble winner, City bukanlah tim pertama di Inggris yang pernah meraih treble winner.

Tim sekota mereka, Manchester United pernah memenangi treble winner dengan deretan piala yang persis sama: Piala FA, Liga Inggris, dan Liga Champions Eropa pada musim 1998-1999 lalu. 

United berhasil memenangkan Liga Champions Eropa setelah mengalahkan Bayern Munchen di final dengan skor tipis 2-1 dan akhir babak kedua yang dramatis.

Kala itu United tertinggal 0-1 setelah Mario Basler menjebol gawang Peter Schmeichel pada menit ke-6. Skor bertahan hingga memasuki tambahan waktu di babak kedua.

Menit ke-90, Teddy Sheringham melesakkan gol pertama United yang membuat skor sama kuat, kemudian dua menit kemudian, Ole Gunnar Solksjaer sebagai super-sub memenangi pertandingan dengan golnya di menit 90+3.

Sejarah tercipta dengan United sebagai tim Inggris pertama yang memenangi treble winner.

Pep Guardiola dan rekor-rekor City

Dengan kemenangan City, Pep Guardiola menorehkan namanya sebagai pelatih pertama di Eropa yang berhasil meraih treble winner sebanyak dua kali, yaitu dengan Barcelona di musim 2008-2009 dan dengan Manchester City di musim 2022-2023. 

Di sisi lain, Julian Alvarez, salah satu punggawa City,  juga memecahkan rekor sebagai pemain pertama dalam sejarah sepak bola yang berhasil memenangi treble winner sekaligus Piala Dunia di musim yang sama.

Sebelum, Alvarez bersama Tim Nasional Argentina menjadi kampiun Piala Dunia setelah mengalahkan Prancis di Qatar.

Cari kabar lainnya di sini