Tips Liburan Road Trip Seru Bersama Balita Agar Menikmati Petualangan dengan Gembira

Cari Kabar – Begitu banyak cara menarik untuk menikmati liburan, mulai dari mengeksplorasi transportasi darat yang seru, menyusuri lautan dengan kapal, hingga mengudara dengan pesawat yang menantang. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa kereta, kapal, dan pesawat sering menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan.

Namun, tak sedikit pula yang memilih cara berlibur yang lebih intim dan menyenangkan bersama keluarga, yaitu dengan mengendarai mobil atau motor. Liburan road trip dan staycation telah menjadi alternatif populer yang semakin banyak dilakukan.

Road trip, yang telah menjadi tren meningkat sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, telah menjadi pilihan favorit para traveler yang ingin menghindari batasan dan aturan yang mungkin diterapkan pada kereta, pesawat, atau kapal.

Namun, ketika melakukan road trip bersama keluarga, terutama jika membawa balita atau anak-anak, kadang drama kecil tak dapat dihindari. Balita mungkin saja menjadi rewel dan mengeluh, bahkan menangis di tengah perjalanan karena merasa bosan.

Untuk mengatasi situasi ini dan membuat balita merasa lebih nyaman selama road trip, ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan. Persiapan ekstra dan perhatian yang lebih harus dilakukan agar road trip tetap aman dan menyenangkan bagi sang buah hati.

Berikut adalah beberapa tips seru untuk liburan road trip bersama balita yang telah kami rangkum dari berbagai sumber

1. Persiapkan Perlengkapan Balita Sebelum Memulai Road Trip

Perlengkapan road trip untuk balita memerlukan perhatian khusus. Buatlah daftar barang-barang yang harus kamu bawa. Pastikan kamu membawa pakaian, popok, susu, camilan khusus untuk balita, tas untuk pakaian kotor, tisu basah, tisu kering, dan hand sanitizer.

Pastikan mobil dan perlengkapan balita tetap bersih dan higienis, dan letakkan mereka dalam wadah yang tertutup. Susun perlengkapan balita dengan rapi dan mudah dijangkau sehingga mudah diambil saat dibutuhkan.

2. Buat Perjalanan Lebih Fleksibel

Untuk membuat perjalanan road trip nyaman bagi balita, sebaiknya sifat perjalananmu bersifat fleksibel. Balita mungkin merasa tidak nyaman ketika berada dalam mobil yang tertutup dengan ruang yang terbatas. Jika balita menjadi rewel, carilah tempat terbuka yang dapat menenangkannya.

Selain itu, sediakan makanan dan bawa mainan favoritnya. Jangan lupa periksa popoknya dan gantilah jika sudah penuh. Kamu juga bisa berhenti sejenak dan menginap di hotel terdekat jika balita tampak lelah dan kurang istirahat, kemudian melanjutkan perjalanan road trip keesokan harinya. Pilihlah tujuan road trip yang tidak terlalu jauh dan melalui rute yang aman.

3. Alihkan Perhatian dengan Kegiatan Menarik di Dalam Mobil

Ciptakan interaksi dan kegiatan menarik di dalam mobil bersama anak-anak. Ajak mereka bercerita, dengarkan musik bersama, atau lakukan kegiatan menyenangkan lainnya. Jika ragu, biarkan anak-anak bermain hingga mereka merasa lelah, sehingga mereka akan tidur selama perjalanan.

“Kami melakukan hal-hal sederhana seperti bermain petak umpet di sekitar pohon, melompat-lompat dari satu pohon ke pohon lain, mengelilingi tanda itu, dan kemudian berlari kembali,” kata seorang ibu. “Hal-hal kecil seperti itu bisa membuat mereka sibuk selama 20 menit dan membuat mereka sangat lelah.”

4. Siapkan Air, Makanan Ringan, dan Susu

Perjalanan berjam-jam pasti akan membuat balita merasa bosan. Untuk mengatasi kebosanan mereka, persiapkan makanan dan camilan yang lezat. Pilih makanan ringan yang mengandung protein untuk menjaga mood mereka tetap baik. Selain itu, minuman susu sering kali membuat balita mengantuk, sehingga mereka akan tertidur nyenyak di dalam mobil selama perjalanan.

5. Berikan Keleluasaan untuk Bermain di Tablet atau Ponsel

Biasanya, kita menerapkan pembatasan waktu bermain tablet atau ponsel bagi anak-anak. Namun, saat berpergian seperti ini, kamu dapat memberikan mereka keleluasaan untuk bermain. Ini dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi kebosanan anak-anak selama perjalanan.

6. Pastikan Kondisi Mobil dalam Keadaan Baik

Untuk melakukan road trip nyaman dengan mobil, persiapkan dengan detail. Pastikan mobilmu dalam kondisi yang sehat dengan memeriksa segala hal, mulai dari kondisi ban dan ban serep, oli mesin, air radiator, hingga minyak rem. Jangan lupa untuk memasang kursi bayi yang sesuai.

Selama perjalanan yang panjang, kamu tidak dapat terus memegang atau menggendong balita. Oleh karena itu, kursi bayi menjadi keharusan. Kursi bayi khusus dirancang untuk memberikan dukungan pada kepala, leher, dan tulang belakang bayi selama perjalanan. Ini juga akan mengurangi risiko cedera ketika ada guncangan di dalam mobil.

Setelah memeriksa kondisi mobil, pastikan juga untuk membersihkan bagian dalam mobil. Semprotkan cairan desinfektan di seluruh interior mobil untuk memastikan kebersihannya dari bakteri, virus, dan kotoran.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, liburan road trip bersama balita akan menjadi pengalaman yang seru dan mengesankan. Pastikan kamu menikmati petualangan ini dengan penuh kegembiraan dan mengumpulkan kenangan indah bersama keluarga. Selamat berlibur!

Sumber : cnnindonesia.com